Laman

Jumat, 27 April 2012

cerpen FLS2N

Eh, Haii semuanyaaaa :)
mau baca cerpen aku gak waktu aku ikut FLS2N?
mau ya? mau? :D
oke.. just for you, readers.. :)
tapi maaf loh sebelumnya, ini cerpen yang menurutku ga pantes menang.-. soalnya sama sekali gak ada konflik-_- oke lah! hahaha.. enjoy reading yaaa....
Jeng-jeng-jeeeeeng......

Sahabatku penjual serabi

Hyra Avita. Gadis berumur 10 tahun ini memiliki mata yang bening dan rambut hitam yang ikal. Ia cantik muka dan cantik hati. Ia rajin menabung, suka menolong, tidak sombong, dan juga pintar. Ia selalu juara kelas di sekolahnya.
Dia punya sahabat, namanya Auri. Hyra bertemu dan akhirnya berteman dengan Auri sungguh tidak sengaja. Berawal di suatu hari saat liburan kenaikan kelas setahun yang lalu. Begini ceritanya….
Pagi pun menjelang.
“ Hyra, ayo banguun.. “ seru mama sambil membuka jendela kamar Hyra. Sinar mataharipun menerangi seisi kamar Hyra.
“ Uuhh.. silau! “ gerutu Hyra. Hyra menarik selimutnya lagi.
“ Ra, mama mau ke pasar nih! Ikut yuk! Mama mau ngenalin kamu pasar, mumpung kamu lagi liburan.” Seru mama sambil menguncang-guncangkan tubuh Hyra.
“ Gak usah dikenalin ma. Aku udah tau kok apa itu pasar. Pasar itukan tempat penjual dan pembeli melakukan transaksi” kata Hyra di balik selimut.
“ Iya deh.. Putri mama memang pinter, kemaren saja raportnya bagus. Oya! di pasar mama mau beli kue serabiii loooh! Itung-itung, hadiah karena kamu juara kelas” seru mama menggoda Hyra yang sangat menyukai serabi. Kemarin Hyra baru saja terima raport, dan mendapat juara kelas. “ Mau ikut gaak?”, kata mamanya lagi.
“ Mauuu!” jerit Hyra saat itu. Ia langsung melompat dari tempat tidurnya. Seketika mood Hyra berubah menjadi sangat bersemangat.
“ Oke, yuk berangkat ” ajak mama sambil bangun dari duduknya, lalu meninggalkan kamar Hyra.
“ Aku ganti baju dulu ya, ma! tunggu aku!” teriak Hyra. Ia berganti pakaian secepat mungkin dan berlari sambil menyamber kerudungnya.
###
Di pasar, tak jauh dari rumah Hyra.
“ Ma.. belanjaannya udah banyak banget nih, pulang yuk! “ keluh Hyra. Di kedua tangannya tergenggam plastik berisi sayuran.
“ Sabar sayang, mama udah kok. Sekarang kita tinggal cari serabinya deh...” ajak mama.
“ Iyaa “ lirih suara Hyra. “ Eh, itu tuh ma!” seru Hyra sambil menunjuk ke seberang jalan.
“ Mana? Yang mana Hir? “ seru mama.
“ Itu looh, yang gerobak hijau di seberang jalan. Itu yang ada anak perempuan di sebelah bapaknya”
“ Oh, Iya.. ayo kita kesana dan segera membeli serabinya”
“ horeee!!” seru Hyra. Mereka berdua menyebrang jalan.
“ Pak Deden, beli serabinya 15 ya, pak “ pinta mama kepada bapak penjual serabi.
“ Eh… bu Dita..! iya, sebentar ya, bu” kata bapak penjual serabi tersenyum.
“ Hir.. ayo kenalan.. “ mama menyuruh Hyra berkenalan dengan anak perempuan di sebelah bapak penjual serabi. Anak perempuan tersebut tersenyum malu-malu.
“ Namaku Hyra..” Hyra mengulurkan tangannya.
“ Aku Auri “ anak perempuan itu balik mengulurkan tangannya.
Hyra dan Auri kemudian sama-sama terdiam. Sambil menunggu serabinya matang, Hyra mencuri pandang kepada Auri. ‘Manis. Ramah. Dan yang pasti dia anak yang patuh sama orang tuanya’ kata hati Hyra. Zaman sekarang, jarang sekali ada anak yang dengan ringan hati membantu pekerjaan orang tuanya. Dan tidak ada sedikitpun raut kekesalan dan keletihan di mukanya. Menunggunya matang di tungku bukan pekerjaan mudah. Harus penuh kesabaran,  dan itu semua dilakukan Auri dengan suka cita. Selain itu, Auri tidak pernah malu dalam menjalani pekerjaannya ini sebagai seorang penjual jajanan tradisional seperti ini.
“ Ini bu Dita, serabinya..” Kata bapak penjual serabi membuyarkan fikiran Hyra.
“Terima kasih pak. Ini uangnya, kembaliannya diambil saja..” mama menyerahkan uang 20 ribuan.
“ terima kasih banyak bu..” seru bapak penjual serabi.

###
Di rumah.
“Ma, serabinya uenaaaak” seru Hyra sambil melahap serabinya.
“Eeh.. kalau sedang makan, gak boleh sembari ngomong dong..” kata mama tersenyum.
 “Abisnya serabinya memang enak ma!” seru Hyra setelah serabi di mulutnya habis tertelan.
“ Iya, itu serabi langganan mama. Nama penjualnya Pak Deden, Auri itu anaknya” . “Hampir setiap hari loh ia ikut berjualan serabi dengan bapaknya” kata mama menjelaskan. “Anaknya baik. Hanya sayangnya, Auri saat ini sedang tidak bersekolah. Kata Pak Deden, Auri sempat sekolah hingga 2 SD. Hyra mengangguk-angguk mendengar penjelasan mamanya. Walaupun di dalam hatinya muncul banyak pertanyaan tentang Auri. Mengapa ia putus sekolah, mengapa ia mau membantu orang tuanya dengan ikut berjualan serabi, mengapa ia tidak malu ikut berjualan serabi sedangkan sangat mungkin ia akan bertemu dengan teman-teman sekolahnya dulu, dan lain-lain. Tapi diputuskannya dalam hatinya, bahwa ia jadi ingin bersahabat dengan Auri.
“ Ma, kapan-kapan, Hyra ajak Auri main ke rumah boleh gak?” tanya Hyra. Serabi di tangannya tinggal setengah.
“ Ooh.. boleh...” mamanya tersenyum. “Kamu memang perlu berteman dengan Auri. Karena Auri anak yang baik. Cari teman itu memang harus yang baik. Sehingga kita akan bisa belajar banyak darinya. Tentang bagaimana rajinnya Auri yang setiap hari membantu bapaknya berjualan, belajar bersabar dengan kekurangan ekonomi di keluarganya, tidak pernah mengeluh, selalu tersenyum, dan masih banyak lagi sifat-sifat baik yang bisa menular ke kamu” kata mama kembali tersenyum. “Nah, sekarang  mandilah. Kamu bau aseeem” seru mama meledek Hyra.
“ Oke! Tapi setelah serabinya abis ya maa…” Mereka tertawa bersama.
###
Liburan masih panjang dan Hyra tidak kemana-mana. Ia cuma menghabiskan waktunya di taman rumahnya. Sore ini Hyra sedang bermain ayunan.
Wuuussh…. Wuuuush…
“ Ayo ayunanku! Terbang lebih tinggi lagi!” Hyra berteriak sambil membentangkan tangannya layaknya burung.
Tiba-tiba..
“ Seraabiii…. Seraaabiii” terdengar suara orang yang sedang menjajakan dagangannya.
“ Wah ada serabi tuh! Kok jadi kepingin ya? Beli ahh!” Hyra melompat dari ayunanannya.
“ Serabi… beli doong…” Hyra berlari ke luar pagar rumahnya. Namun apa yang ia dapati?
“ Auri? “
“ Hyra? “
“ Kamu juga jual serabi keliling?” tanya Hyra membuka percakapan.
“ Iya.. Wah, aku baru tahu kalau ini rumahmu” kata Auri hati-hati. Hyra tersenyum. “Masuk yuk! “ ajak Hyra. Auri terlihat ragu-ragu. Tidak percaya ternyata Hyra anak seorang yang kaya. Tapi walaupun kaya,  mau berteman dan mengajaknya main ke rumahnya. Yang Auri tahu, biasanya orang kaya itu suka sombong, tidak mau berteman dengan orang miskin.
“ Mamaa! Ada Auri datang bermaiin” teriak Hyra. Mamanya yang sedang membaca di ruang tengah langsung menoleh.
“ Eh, selamat datang Auri.. Ayo bermainlah bersama Hyra. Mama buatkan minum dulu yaa” mama meninggalkan mereka berdua dan bergegas ke dapur.
“ Waaaah.. rumahmu indah sekaliiii! “ Auri nampak takjub melihat rumah Hyra. Hyra menjadi serba salah mendengarnya.
“ Kita ke kamarku saja yuk! “ ajak Hyra sambil menarik tangan Auri. Sambil masih terkagum-kagum, Auri mengikuti  langkah Hyra.
“ Waah.. itu bukumu? Banyak sekaliiii! “
“ Kamu boleh kok meminjamnya! “
“ Oh ya? Wah, terima kasih banyak, Ra”
Mereka pun asyik membaca bersama. Mama pun datang membawakan 2 gelas orange jus.
“ ini, silahkan diminum” seru mama.
“Iya, bu… Terima kasih, ya..” kata Auri masih malu-malu.
“ Kalau yang itu? Itu seragam SD mu? Bagus sekaliii… aku juga mau sekolah lagi! Tapi nanti setelah ayahku punya uang” suara Auri berubah menjadi serak. Hyra memandang iba Auri . Auri melamun. Mereka sama-sama diam.
“ Auri, aku memanggil mu Riri saja ya?” Hyra membuyarkan lamunan Auri.
“ Boleh!” “ eh, sudah semakin sore, sedangkan serabiku belum habis. Aku harus segara pulang, Ra”
“ Akan kubeli semua serabimu Ri, iyakan ma?” tanya Hyra sambil melirik mamanya.
“ Iya boleeh, berapa semuanya Auri?” tanya mama.
“ Masih ada 20 serabi, bu” jawab Auri.
“ Ya sudah, ini 30 ribu, ambil saja kembaliannya” kata mama. “Oh.. terimakasih, bu” Auri tersenyum senang.
Di halaman depan rumah.
“ Hyra, terima kasih ya. Sekarang aku pulang dulu” Auri berpamitan.
“Iya, Auri…! Kapan-kapan main lagi ya. Aku senang sekali punya teman bermain” Kata Hyra tersenyum lebar. Auri-pun mengangguk senang. Tidak pernah terbayangkan olehnya ada seorang anak yang kaya yang sangat baik seperti Hyra. Selain baik, Hyra juga anak yang tidak sombong dengan kekayaannya.
Tanpa terasa, di sini mulailah persahabatan mereka. Beberapa hari berikutnya, masih di saat liburan sekolah, Hyra mengajak Auri bermain ke rumahnya, mengobrol banyak hal, membaca bersama, dan bahkan sesekali masak bersama. Hingga di suatu hari, selepas kepulangan Auri dari rumah Hyra.
“ Mama, Auri ingin sekolah lagi. Hyra ingin membantunya” kata Hyra sambil berjalan ke dalam rumah bersama mamanya. “Ternyata waktu sekolah dulu, Auri sering juara juga, ma..” tambah Hyra semakin kagum pada sahabatnya. Ternyata di keterbatasannya, Auri tetap rajin dan semangat belajar. Sebelum berteman dengan Hyra –cerita Auri - kalau Auri mau membaca, Auri pergi ke perpustakaan keliling yang suka datang ke daerah tempat tinggalnya. Juga pernah ke toko buku untuk sekedar membaca-baca saja. Hhh... Auri... Auri... Fikiran Hyra kembali bersama Auri.
“ Iya, kamu bisa kok. Kamu bisa membantunya dengan uang tabunganmu” ujar mama.
 “Tapi tabunganku tidak akan cukup” Mama tersenyum, “Nanti mama dan papa akan ikut membantu“
“Oh iya, ma?!  terima kasih ma.”teriak Hyra senang. Di dalam benaknya sudah terbayangkan betapa akan senangnya Auri menerima kabar baik ini.
Sampai pada suatu pagi.
Hyra mengangkat celengan ayamnya. ‘sudah cukup berat’
Praang!
“seribu, lima ribu, ……. Tiga puluh… tujuh puluh sembilan ribu… Seratus dua puluh ribu! Tapi apa cukup?” Hyra bertanya pada dirinya sendiri.
Namun ada yang menjawab pertanyaan Hyra. Mama. Di belakangnya papa mengiringi.
“ Insya Allah cukup, tabungan Hyra ditambah uang mama dan papa, pasti cukup. Nanti Auri sudah bisa sekolah di semester yang akan datang” kata mama.
“ Sungguh? Alhamdulillahhhhh” Hyra berseru girang, ia berlari memeluk mama dan papanya bergantian. “ Terima kasih ma.. Pa..”
“Bersiaplah, Hir.. kita akan ke pasar menemui Pak Deden. Mumpung Pak Deden masih di pasar berjualan serabinya. Kita akan menceritakan maksud baik kita” kata papa.
“ oke, pa!” Hyra tertawa senang.
Sesampainya di pasar, mama dan papa langsung menemui Pak Deden dan menyampaikan keinginan mereka untuk bersilaturahmi ke rumah Pak Deden. “Ada sesuatu yang ingin dibicarakan”, kata papa.  Sambil menyimpan pertanyaan, Pak Deden pun menyambut permintaan tersebut. Sesampainya di rumah Pak Deden, mama dan papa Hyra mengobrol di ruangan kecil rumah Auri, yang Auri sebut ruang tamu. Sedangkan Hyra dan Auri, mengobrol di teras depan.
“ Auri, cita-citamu akan terkabul! Kamu akan sekoah lagi!” seru Hyra membuka percakapan.
“ Sungguh? “ mata Auri berbinar.
“ Iya, senin besok kita akan sekolah!”
“ Tapikan, aku tidak punya uang untuk membeli semua perlengkapan sekolah…… “
“ Insya Allah keluargaku akan membantu muu..” seru Hyra tanpa bermaksud sombong. Auri terdiam dan menitikkan air mata. Terharu. “ Terimakasih Ra…..” ucapnya dengan mata yang basah.
Mereka berdua berjabatan tangan lalu berpelukan.
“ Auri, Mulai sekarang, Hidupmu- Hidupku. Dan… “
“ Hidupku- hidupmu….” Sambung Auri.
Hyra dan Auri pun menjadi sahabat yang amaaaat dekat.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar